Manfaatkan DD, Desa Kadumaneh Bangun Infrastruktur dan Fasilitas Umum

Culasatu.com- Desa Kadumaneh, merupakan salah satu desa dari 11 desa di Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang. Secara geografis terletak ditengah desa lainnya di Kecamatan Banjar yang memiliki luas wilayah 131 hektar, dengan jumlah penduduk mencapai 2.687 jiwa, terbagi atas 1.385 orang laki-laki dan 1.302 orang perempuan, dengan total 754 Kepala Keluarga (KK).

Kadumaneh, memiliki luas pemukiman 40 hektar, pertanian 79 hektar, perkebunan 7 hektar, peternakan 1,2 hektar, perikanan 2,8 hektar, fasilitas umum, 0,8 hektar, sawah dan ladang 91 hektar, irigasi 96 hektar dan pekarangan 40 hektar.

Bacaan Lainnya

Pjs Kepala Desa Kadumaneh, Dodi Ramdhoni mengungkapkan, pemanfaatan Dana Desa (DD) yang diguyur kesetiap desa sekitar Rp. 1,2 miliar, sengaja diprioritaskan untuk pembangunan fisik sebagai kebutuhan dasar masyarakat.

“Setiap tahunnya ada 7 titik yang dibangun, baik jalan desa, dan paving block yang total panjang mencapai sekitar 500 meter,” kata Dodi, Rabu 27 Maret 2024.

Ia menyebut bahwa untuk ruas jalan poros Desa Kadumaneh memiliki panjang 7,7 kilometer, dengan kondisi baik 6,1 kilometer, rusak ringan 0,7 kilometer, dan rusak berat 0,9 meter.

Dengan sisa jalan yang belum terbangun tergolong sedikit, dirinya optimis tahun 2024 ini semua akses antar kampung di Desa Kadumaneh akan terbangun dengan kualitas baik.

“Tinggal beberapa 3 titik lagi jalan antar kampung yang belum dibangun sekitar 150 meter. Kita usahakan tahun ini infrastruktur selesai,” terangnya.

“Pengguna anggaran setiap tahunnya untuk infrastruktur itu sekitar 30 persen. Sisanya pemberdayaan masyarakat, bantuan langsung tunai, perbaikan fasilitas umum seperti sarana olahraga dan taman,” lanjutnya.

Selain itu, dengan adanya dana desa pihaknya dapat memperbaiki fasilitas umum yang berada di Kantor Desa Kadumaneh. Hal tersebut tidak lain untuk memberikan kenyamanan baik para pegawai maupun masyarakat.

“Alhamdulillah kita juga memperbaiki fasilitas yang ada di Kantor Desa Kadumaneh, supaya memberikan pelayanan yang nyaman untuk masyarakat,” terangnya.

Meskipun baru menjabat sebagai Pjs Desa Kadumaneh beberapa bulan lalu, namun ia bersyukur adanya Dana Desa, karena berbagai kebutuhan warga Desa Kadumaneh perlahan mulai terpenuhi.

“Sangat membantu, karena memang sejak adanya Dana Desa infrastruktur, fasilitas umum dan lainnya jadi bagus,” katanya.

Dodi pun berharap segala pembangunan yang dilakukan melalui Dana Desa bisa menunjang dan berbagai aktivitas warga, terutama dalam hal usaha ekonomi warga.

“Semoga tahun-tahun ke depan lebih baik lagi dari pemerintah untuk anggaran pembangunan desa,” harapnya. (ADV)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *