Nyata, Pahala Orang yang Bersedekah Saat Bulan Ramadan Tidak Terhitung Jumlahnya

CULASATU-COM – Bersedekah saat berpuasa merupakan salah satu amalan mulia yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ada beberapa hadits yang menekankan pentingnya bersedekah saat berpuasa dan menunjukkan pahalanya yang besar. Di bawah ini adalah beberapa hadits tentang pahala bersedekah saat berpuasa yang penting untuk diketahui.

  1. Hadits dari Abu Hurairah

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya shadaqah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api dan shalatul jama’ah pada waktu dhuha dan shalatul ‘asr hingga terbenam matahari dapat menghapus dosa.” (HR. Tirmidzi)

Bacaan Lainnya

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW menyatakan bahwa bersedekah dapat menghapus dosa seseorang saat berpuasa. Seperti air yang dapat memadamkan api, bersedekah dapat membuat hati seseorang menjadi bersih dari dosa-dosa.

  1. Hadits dari Abu Hurairah

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Tirmidzi)

Hadits ini menunjukkan bahwa memberi makan kepada orang yang berbuka puasa memiliki pahala yang sama seperti orang yang berpuasa. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memberikan makanan kepada orang yang berbuka puasa, terutama kepada orang yang membutuhkan.

  1. Hadits dari Abu Hurairah

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa memberi makan pada waktu berbuka puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa dan tidak akan berkurang pahalanya sedikitpun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW menyatakan bahwa memberi makan saat berbuka puasa memiliki pahala yang sama seperti orang yang berpuasa. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memberikan makanan kepada orang yang berbuka puasa, terutama kepada orang yang membutuhkan.

  1. Hadits dari Abdullah bin Umar

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan merosot hartamu karena bersedekah. Tidak akan memperbesar hartamu karena bersedekah. Dan Allah tidak menambahkan sesuatu kecuali dengan kebaikan.” (HR. Imam Muslim)

Dalam hadits ini, Rasulullah SAW menegaskan bahwa bersedekah saat berpuasa tidak akan membuat seseorang menjadi miskin, namun justru dapat membuka pintu rezeki dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan kebaikan kepada orang yang bersedekah dengan lapang hati.

Bersedekah saat berpuasa merupakan salah satu amalan mulia yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Melalui bersedekah, kita dapat memperoleh pahala yang besar dan menghapus dosa-dosa kita. Oleh karena itu, mari kita selalu bersedekah. (RED)**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *