Gelar Pensatwil, Humas Mabes Polri Minta Jajaran Polri di Wilayah Tingkatan Kemitraan Dengan Awak Media

Culasatu.com- Tim Divisi Humas Mabes Polri, melakukan Penyuluhan Kegiatan Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi Kehumasan dalam rangka Penerapan Satuan Wilayah (Pensatwil) di Polres Pandeglang, Kamis 20 Juli 2023.

Pensatwil yang berlangsung di Aula Mapolres Pandeglang tersebut dihadiri jajaran Polres Pandeglang dan Polres Lebak.

Bacaan Lainnya

Kabag Pensat Ropenmas Divhumas Polri, Kombes Pol Hendra Rochmawan menyebut, jika pelaksanaan kegiatan Pensatwil merupakan Program kerja Divisi Humas Mabes Polri yang dilaksanakan ke seluruh Polda dan Polres dengan tujuan untuk meningkatkan Penguatan Peran Humas Polri di tengah kemajuan tekhnologi informatika dan meningkatkan kemitraan dengan awak media.

“Kegiatan ini intinya penguatan tentang manajemen media, ada beberapa pesan dan penekanan yang kita berikan kepada mereka salah satunya bagaimana kita mengelola manajemen ini dengan kemitraan dengan media, baik itu media televisi, online maupun media sosial,” kata Kombes Pol Hendra.

Selain itu, dikatakan Kombes Pol Hendra bahwa awak media merupakan mitra yang sangat kuat dalam memberikan suatu efek yang positif untuk Polri, maka dari itu jajaran Polri yang berada di wilayah harus meningkatkan kolaborasi bersama awak media.

“Kemudian kita dengan media ini kita harus kolaborasi, komunikasi dengan baik dan koordinasi yang baik, agar menjadi suatu kekuatan untuk kepolisian itu sendiri, karena teman-teman media merupakan mitra kuat dalam memberikan suatu efek yang positif buat kita. Bukan hanya hal negatif, justru yang positif diangkat oleh teman media,” terangnya.

Ia menyebutkan bahwa peran Humas Polri di Polres sendiri sudah melakukan hal yang baik, dengan terus bermitra dengan awak media. Namun menurutnya, ada beberapa dukungan Humas Mabes Polri yang bentuknya pelatihan, assessment dan bagaimana penguatan manajemen di wilayah.

“Ini bukan hanya untuk fungsi pembantu saja, tetapi fungsi utama di Kepolisian untuk membuat exciting sehingga pencitraan polisi baik, bukan hanya sekedar pencitraan saja tapi memang faktanya baik. Nah fakta yang baik itu kita harus publikasikan dengan teman-teman media,” jelasnya.

Selain memberikan pemahaman manajemen media, Humas Mabes Polri juga memberikan pemahaman terkait kesiapan anggota jelang Pemilu 2024, dan yang lebih utama yakni memberikan pemahaman terciptanya kamtibmas yang kondusif, memberikan pelayanan penegakan hukum, serta bagaimana cara mengayomi masyarakat dengan baik.

“Selain itu juga kita berikan pemahaman terkait kesiapan berbicara di media sosial, kemudian kesiapan anggota dalam hal pemilu karena tahapannya berlangsung terus, bersama pemerintah kita mendukung beberapa program yang sifatnya untuk Masyarakat,” tuturnya.

“Dan yang terpenting adalah menciptakan kamtibmas kita, penegakan hukum yang baik dan juga mengayomi masyarakat yang harus ditingkatkan,” pungkasnya. (Ndre)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *