Unik! Kambing Saanen di Pandeglang Dapat Sungkem

Culasatu.com- Kambing Saanen berjenis kelamin jantan asal Lembah Saanen, Swiss yang diternak di Kabupaten Pandeglang baru-baru ini ramai didatangi warga, hal itu lantaran selain memiliki tanduk yang unik, kambing yang memiliki susu peras terbaik untuk kesehatan itu ternyata dapat sungkem dengan menempelkan kepalanya ke tanah kepada siapa saja yang menghampirinya.

Kambing tersebut dipelihara oleh seorang warga Kampung Cicadas, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang. Selain itu kambing yang sulit berkembang di wilayah tropis ini pun terlihat jinak tindak seperti kambing lokal pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Edi, salah seorang warga yang penasaran dengan kambing saanen pun mengaku baru pertama kali melihat kambing jenis tersebut. Selain ingin melihat tanduk yang unik, kedatangannya pun karena ingin mengetahui kebenarannya terkait adanya kambing yang dapat sungkem kepada manusia.

“Saya baru kali ini lihat kambing dengan tanduk yang melingkar panjang, selain itu juga kambing ini betul bisa sungkem dengan meletakkan kepalanya ke tanah setiap ada warga yang menghampirinya,” kata Edi, Senin 01 Agustus 2022.

Entang Mulyana, pemilik kambing mengaku memelihara sejak kecil hasil dari persilangan. Ia juga menyebutkan selain ingin melihat tanduknya yang unik, warga pun senang lantaran kambingnya memiliki kebiasaan yang beda dari kambing lainnya, yakni menempelkan kepala ke tanah atau warga menyebutkan sungkem.

“Saya pelihara dari kecil, kalau tanduknya memang jenis Saanen ini beda dari kambing lainnya, tapi kalau untuk kebiasaan sungkem itu juga aneh dan unik. Warga yang datang juga senang melihatnya,” kata Entang.

Entang mulyana mengaku akan mengembang biakan kambing jenis Saanen tersebut, karena diketahui kambing ini memiliki hasil susu peras yang baik untuk kesehatan.

“Saya akan kembangbiakan kambing ini dengan kambing lokal, karena susu kambing ini sangat bagus. Setelah kambing Saanen ini jumlahnya banyak baru kita akan jual,” terangnya. (Pian)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *