Tinggal di RTLH, Lansia di Pandeglang Rela Memungut Botol Plastik Bekas Untuk Menyambung Hidup

Culasatu.com- Cecep Turkan (72) seorang lansia yang harus tinggal sebatang kara puluhan tahun di rumah tidak layak huni (RTLH) di Kampung Cihaseum, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pantauan dilokasi, Cecep Turkan harus tinggal di RTLH yang hanya memiliki panjang 5 meter dan lebar 3 meter beralaskan tanah dan dinding dari anyaman bambu yang sudah rusak. Padahal, tempat ia beristirahat itu lokasinya tidak jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pandeglang.

Bacaan Lainnya

Cecep Turkan mengatakan, ia sudah 20 tahun tinggal di rumahnya tersebut, sementara itu tiga orang anaknya tinggal di Bogor, Jawa Barat.

“Tinggal disini sudah 20 tahun, anak saya tiga mereka di Bogor, dan istri sudah meninggal dunia,” kata Cecep, saat ditemui di rumahnya, Senin 11 Desember 2023.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Cecep pun menjual makanan ringan dan bahkan sampai memungut sampah botol plastik.

“Jual makanan kaya ciken ini, kalau ada botol-botol plastik di jalan saya ambil lumayan aja buat dijual, dan nanti untuk kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

Ia mengaku belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah setempat, hal tersebut karena terkendala administrasi kependudukan miliknya yang masih berdomisili Garut, Jawa Barat.

“Kalau bantuan belum ada, karena KTP saya masih Garut, jangankan buat mengurus KTP buat makan saja susah. Tapi saya asli warga Cihaseum sini, cuma punya istri orang Garut,” jelasnya.

Meski demikian, ia berharap pemerintah setempat dapat membantunya agar dapat kembali berdomisili Kabupaten Pandeglang, dan berharap adanya bantuan sosial kepadanya.

“Semoga saja ada bantuan, karena saya juga mau KTP disini lagi. Kalau ada bantuan sosial ya saya bersyukur,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Pandeglang Bangbang mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya agar Cecep Turkan mendapatkan administrasi kependudukan Kabupaten Pandeglang.

“Kita sudah melakukan upaya memohon perpindahan Cecep ke Pemerintah Garut secara online, karena memang kalau ngurus kesana jauh juga, dan insyaallah semoga secepatnya Cecep mendapatkan KTP Pandeglang,” kata Bangbang. (Ndre)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *