Kick Off Pengawasan Jelang 1 Tahun Pemilu

Culasatu.com- Menjelang 1 tahun Pelaksanaan Pemilu, Bawaslu Provinsi Banten beserta 8 Kabupaten dan Kota se Banten serentak melaksanakan apel siaga pengawasan. Apel siaga pengawasan ini berlangsung di Bilangan Ciceri, Kota Serang, Selasa 14 Febuari 2023.

Pada kesempatan itu, Bawaslu turun langsung dan menyebar menyapa berbagai kalangan, mulai dari pengemudi ojol, pedagang, pelajar, mahasiswa dan masyarakat lainnya.

Bacaan Lainnya

Personil Bawaslu secara simpatik berbaur sambil menanyakan “hari ini tanggal 14 Februari tahun 2024 ada peristiwa apa”? Rata-rata dapat menjawab bahwa hari dan tanggal tersebut merupakan pelaksanaan Pemilu, sambil mereka menuliskan harapan pada sebuah kertas di atas mika yang telah disiapkan.

Tampak hadir para komisioner Bawaslu Provinsi Banten seperti Sam’ani, Ajat Munajat, Ade Wahyu Setiawan dan Abdurrasyid.

Didepan para peserta, Walikota Serang, Safrudin mengapresiasi pelaksanaan apel siaga oleh Bawaslu Kota Serang, seraya berharap Pemilu ke depan akan berjalan dengan sukses.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan apel siaga pengawasan ini, semoga Pemilu yang akan datang berjalan lancar dan sukses,” singkatnya.

Ketua Bawaslu Banten, Ali Faisal dalam arahannya menekankan kepada seluruh jajaran pengawas untuk mengaktifkan alarm pengawasan, memperkuat semangat pengawasan, meningkatkan koordinasi dengan berbagai stakeholder, menjaga hak konstitusional partai politik, dan mengawal hal pilih bakal calon perseorangan.

“Jadi saya tekankan kepada jajaran pengawas mulai sekarang untuk mengaktifkan alarm pengawasan, agar Pemilu berjalan sukses,” kata Ali Faisal.

Ia menuturkan, dalam apel siaga pengawasan juga sekaligus membuka posko kawal hak pilih, dan mensosialisasikan aplikasi jarimu awasi Pemilu.

“Selain apel siaga, kita juga membuka posko kawal hak pilih, dan aplikasi jarimu awasi Pemilu, dengan menguraikan tiga keuntungan, diantaranya menjadi solusi mudah dalam pertukaran informasi, edukasi dan literasi digital pengawasan pemilu, respon cepat terhadap disinformasi isu-isu pemilu dan tindak lanjut aduan konten disinformasi,” tuturnya.

Kegiatan apel siaga pengawasan ini dilakukan di Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. (Andre)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *