Ini Harapan Wakil Walikota Serang untuk Macan Guling TBL di Momen Ultah ke-4

Culasatu.com- Perguruan pencak silat Mande macan Guling Banten Indonesia (MMGBI) Taman Banten Lestari (TBL) memperingati ulang tahun (ultah) yang ke empat pendirian padepokan di lokasi tersebut.

Kegiatan dilaksanakan dengan meriah dengan penampilan-penampilan seni pencak silat khusunya jurus-jurus sikat MMGBI.

Pembina Perguruan Pencak Silat Mande Macan Guling Banten Indonesia Subadri Ushuludin mengatakan sangat mengapresiasi atas pelaksanaan milad yang ke empat untuk MMGBI di Taman Banten Lestari.

“Tentu usia 4 tahun bukan merupakan usia lama tetapi saya sangat apresiasi di padepokan TBL ini sudah cukup signifikan, sudah mampu menorehkan sejarah di bidang persilatan,” katanya saat ditemui, Minggu 30 Juli 2023.

Ia mengungkapkan jika MMGBI TBL telah banyak mencetak pesilat-pesilat muda bahkan atlet pencak silat meski di usianya yang masih sangat muda.

“Dari mulai pembentukan bibit-bibit pencak silat yang ada di sini mulai dari PAUD, SD dan lain sebagainya sudah terbentuk di sini itu yang saya apresiasi,” jelasnya.

Ia menegaskan keberadaan MMGBI di kota Serang telah banyak berkontribusi, khusunya pada even-even olahraga silat yang telah banyak menorehkan prestasi untuk Kota Serang.

“Harus kita bentuk secepatnya agar kebersamaan mande macan guling dengan pemkot serang, pemprov banten dan IPSI terjalin. Kalau benar-benar sudah sinergi insya allah atlet atlet pencak silat yang dari kota serang akan mampu mengharumkan nama kota serang dan provinsi Banten,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan tentang pentingnya kebersamaan yang harus dirajut oleh seluruh anggota mande macan guling karena itulah yang nantinya akan membesarkan organisasi.

“Ingat mau sebesar apapun tujuan kalau kurang kebersamaan mungkin aga lambat. Maka kebersamaan itulah yang harus kita bentuk sama-sama,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengajak seluruh unsur baik pemerintahan dan masyarakat untuk sama-sama melestarikan kebudayaan, khususnya pencak silat di kota Serang.

“Budaya kita kan budaya silat, karena budaya tadi di sekolah-sekolah kan silat sudah masuk dalam muatan lokal. Tinggal kembali lagi tadi kebersamaan antara steak holder dengan IPSI,” jelasnya.

Sementara itu Ketua MMGBI Kota Serang Zeka Bachdi berharap pada perayaan ulang tahun ke empat ini, dapat terus berkontribusi dalam pelestarian budaya dan mencetak atlet-atlet terbaik.

“Sehingga seni budaya cimande ini bisa mendunia dan bisa dinikmati oleh orang banyak dan juga menjadi cikal bakal pemersatu. Karena sebetulnya kita adalah satu pertalekan yang mana adalah satu persaudaraan,” jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini prestasi-prestasi dari MMGBI cukup baik, bahkan mengharumkan mama kota Serang di tingkat provinsi Banten.

“Alhamdulilah di beberapa kejuaraan khususnya Kota Serang mande macan guling bisa berprestasi. Bahkan di porprov kita mendapatkan mendali emas,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *