BPS Pandeglang Terjunkan Ribuan Petugas Untuk Pendataan Regsosek Tahun 2022

Culasatu.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang menerjunkan sekitar 1.994 orang petugas untuk melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022. Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan.

Kepala BPS Pandeglang, Achmad Widijanto mengatakan, untuk melakukan pendataan awal Regsosek tahun 2022, pihaknya menerjunkan sekitar 1.994 orang petugas dilapangan.

Bacaan Lainnya

“Terdiri dari Petugas Pendataan Lapangan (PPL) sebanyak 1530, Petugas Pengawas Lapangan (PML) sebanyak 396 orang. Dan Petugas Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) sebanyak 68 orang,” kata Achmad kepada wartawan, Rabu 19 Oktober 2022.

 

Dijelaskannya, target atau sasaran petugas Regsosek adalah untuk melakukan pendataan bagi seluruh keluarga yang tinggal di Kabupaten Pandeglang. Jadi setiap warga Kabupaten Pandeglang akan mendapat kunjungan dari petugas.

“Kami himbau kepada masyarakat agar menerima kedatangan petugas. Silahkan menanyakan surat tugas dan tanda pengenalnya,” terangnya.

Menurutnya, untuk menanyakan surat tugas perlu dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa petugas yang datang benar-benar dari BPS. Kemudian berikan jawaban saat petugas mengajukan pertanyaan.

“Jawab pertanyaan petugas dengan benar dan jujur. Jadi berikan jawaban sesuai kondisi sebenarnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pendataan Regsosk merupakan upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih dan lebih efisien.

“Data yang dikumpulkan, mencakup seluruh profil keluarga, sosial Ekonomi, fasilitas rumah, aset yang dimiliki, masyarakar berkebutuhan khusus, kepesertaan program bantuan dan lainnya. Pendataan Regsosek dimulai secara serentak dari tanggal 15 Oktober- 14 November 2022,” pungkasnya. (Andre)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *