Turunkan Stunting, Dinkes Gelar Peningkatan Kapasitas Kader

CULASATU.COM– Sebagai upaya menurunkan angka stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang menggelar peningkatan kapasitas kader dalam komunikasi antar pribadi (KAP) bertempat di Hotel S’rizki Pandeglang, Selasa (7/2/2023).

Kegiatan peningkatan kapasitas kader dalam komunikasi antar pribadi (KAP) diikuti oleh para kader dari 10 lokus stunting tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengatakan, dalam peningkatan kapasitas kader ini kami lebih menekankan strategi bagaimana komunikasi antar personal di lokasi lokus wilayah penanganan stunting.

“Penanganan stunting ini harus melibatkan kerjasama semua pihak, mulai dari stakeholder terkait, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat, karena jika hanya ditangani oleh unsur kesehatan saja masalah stunting ini tidak akan selesai,” ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa unsur yang menyebabkan stunting yakni dari pola asuh, lingkungan kurang bersih, kurangnya asupan gizi, mulai dari ibu dan anak di dalam kandungan, oleh sebab itu untuk mengatasi masalah stunting para kader ini kapasitasnya harus ditingkatkan.

“Para kader ini harus bisa membentuk kelompok – kelompok ketahanan pangan di lokasinya masing – masing, sehingga anak – anak yang terindikasi stunting bisa tercukupi asupan gizinya,” terangnya. (RED)***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *