KPU Pandeglang Temukan Ratusan Surat Suara DPRD Provinsi Rusak

Culasatu.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang mencatat sedikitnya ada 238 surat suara untuk Pemilu 2024 ditemukan dalam kondisi rusak. Kerusakan surat suara paling banyak pada surat suara DPRD Provinsi Banten.

Dari hasil dari sortir lipat (sorlip) yang dilakukan pihak KPU Pandeglang sedikitnya ada sekitar 238 surat suara yang dalam kondisi rusak terbanyak pada surat suara DPRD Provinsi Banten.

Bacaan Lainnya

“Baru Dua model surat suara yang kami temukan dalam kondisi rusak yakni surat suara PPWP total rusak 76 lembar, terdiri dari sobek 55, blanko 15, terkena noda 6, dan surat Suara DPRD Provinsi Banten dengan total rusak 162, terdiri dari sobek 67, terkena noda 41, warna pudar 12, berkerut 14, potongan tidak rata sebanyak 8 lembar,” kata Nunung Nurazizah, Ketua KPU Pandeglang Senin 15 Januari 2024.

Untuk surat suara yang di temukan rusak pihak KPU sudah melakukan pelaporan dan berkordinasi dengan pihak KPU Provinsi Banten untuk melakukan pergantian surat suara tersebut dan sudah di tindaklanjuti.

“Sudah diterima KPU Provinsi, insya Allah akan segera di ganti,” tambah Nunung.

Nunung menjelaskan, proses sorlip surat suara pemilu 2024 yang dilakukan KPU Pandeglang yang dimulai dari tanggal 3 Januari hingga hari ini yang dilakukan di Tiga gudang milik KPU Pandeglang masih terus dilakukan. Sorlip yang menggunakan tenaga ahli sebanyak 80 orang Ditargetkan akan diselesaikan sesuai target.

“Terus kami kebut sesuai jadwal yang sudah kami targetkan, dengan kebutuhan surat suara sebanyak 1.017.590 masing-masing jenis surat suara insya Allah ini akan segera selesai,” tambahnya.

Nunung menegaskan, jika proses sorlip ini kami selalu bersinergi dengan pihak Bawaslu dan pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan keselamatan surat suara pemilu 2024.

“Satu kali 24 jam kami terus pantau proses sorlip, dan bukan hanya kami banyak pihak yang kami libatkan dalam proses ini agar terjaga keamanan nya,” pungkasnya. (Ndre)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *